December 17, 2018

Gerindra Tak Ingin PKS Bikin Poros Ketiga Bersama Demokrat

Fadli Zon.


intelijen – Partai Gerindra tak ingin Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membentuk poros ketiga di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 bersama Partai Demokrat. Partai Gerindra mengharapkan Partai Demokrat bergabung di koalisinya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon enggan berspekulasi mengenai niatan Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menemui Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) guna membahas kelanjutan wacana pembentukan poros ketiga.

“Saya kira semuanya dalam sebuah proses dinamika demokratis dan kami juga ingin bersama-sama membentuk koalisi yang lebih besar dan mungkin change lebih besar untuk menang dan sebanyak-banyaknya yang mendukung,” kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Dia menambahkan, Partai Gerindra tetap membuka komunikasi politik dengan partai manapun. “Dan saya kira sejalan kok dengan sikap kita selama ini,” kata wakil ketua DPR ini.

Fadli Zon enggan memberikan pendapatnya saat ditanya jika PKS akhirnya membentuk poros ketiga karena tidak ada kadernya menjadi calon wakil presiden (Cawapres) pendamping Prabowo Subianto. “Ya itu berandai-andai kan,” katanya.

Dia pun menilai Presiden Jokowi juga belum tentu mendapatkan tiket sebagai calon presiden di Pilpres 2019. “Coba kalkulasi aja secara politik, karena beliau bukan ketua umum partai, bukan penentu juga, malah ditentukan oleh yang lain, kebetulan sekarang petahana,” katanya.

Namun, saat ditanya apakah yakin bahwa Partai Demokrat bakal bergabung di koalisi partainya, dia juga enggan berspekulasi. “Ya saya tidak mau mendahului tapi dilihat dari peta politik yang ada, mestinya kita mesti berjuang bersama-sama,” pungkasnya.

Share Button

Related Posts