March 24, 2019

Gelar Operasi Cipta Kondisi, Polda Metro klaim tangani 2.785 kasus

Gelar barang bukti kasus kriminal di Polda Metro Jaya. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman


intelijen – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, selama hampir sebulan pihaknya menggelar operasi Cipta Kondisi 2015, ribuan kasus berhasil ditangani oleh pihak Polda Metro Jaya dengan koordinasi bersama setiap unsur kepolisian di wilayah Jabodetabek.

Unggung menjelaskan, dari banyaknya kasus yang berhasil diungkap oleh pihak Polda Metro Jaya, sebagian di antaranya bahkan sudah diproses lebih lanjut.

“Gelar operasi Cipta Kondisi yang kami lakukan tiap malam dengan melakukan razia selama hampir sebulan ini, sasarannya itu adalah para pembawa senjata api, senjata tajam, bahan peledak dan narkoba. Dari hasil yang kita peroleh selama hampir 1 bulan ini, yaitu kita mengungkap 2.785 kasus, di mana 35 di antaranya sudah ditingkatkan menjadi penyidikan,” kata Unggung di Polda Metro Jaya, Selasa (3/2).

Ketika ditanya apakah para pengendara motor yang kerap menjadi sasaran para begal di jalanan boleh membawa senjata guna membela diri, Unggung mengatakan bahwa hal itu sebenarnya diperbolehkan saja.

Namun dirinya menegaskan, jangan sampai apa yang dibawa oleh para pengendara untuk jaga diri itu, adalah barang-barang yang juga akan ikut terkena razia polisi di jalanan.

“Kita harapkan kepada para pengendara motor agar bisa menggunakan alat listrik kejut atau alat lainnya untuk membela diri atau berjaga-jaga. Asal bukan senjata tajam apalagi senjata api. Karena nanti kalau dirazia bisa kena juga kalian itu,” kata Unggung.

Diketahui, Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Polres dan Polsek di sekitar wilayah Jabodetabek, saat ini sedang mengadakan operasi Bina Kusuma dan Cipta Kondisi 2015. Target dari operasi ini adalah para preman dan modus kejahatan serta penyakit sosial di masyarakat.

Pihak Polda Metro Jaya dalam hal ini juga bekerjasama dengan Pemprov DKI dan jajaran TNI AD, sebagai sebuah kesatuan dalam menciptakan stabilitas keamanan di wilayah ibu kota. (Merdeka)

Share Button

Related Posts