December 14, 2018

“Gaya Orba Jokowi Akan Rusak Tatanan Negara Pasca Reformasi”

Joko Widodo (tempo)


intelijen – Skenario “politik anggaran” yang dilontarkan capres Joko Widodo saat debat capres/cawapres babak pertama, dinilai membawa semangat otoriter pemerintahan Orde Baru.

Pakar kemaritiman, Y. Paonganan menegaskan bahwa gaya Orba Jokowi sangat serius karena akan merusak tatanan negara yang diperjuangkan dalam gelombang reformasi. “Gejala ORBA yang kasat mata telah dilontarkan Jokowi saat debat, akan gunakan politik anggaran untuk tekan daerah..ini Sentralistik anti Otda,” tulis Y. Paonganan di akun Twitter @ypaonganan.

Menurut Paonganan, dalam UU Otonomi Daerah, ditegaskan bahwa peran pusat sangat terbatas. Namun, di sisi lain, Jokowi yang haus kekuasaan ingin mengembalikan gaya Orba untuk tekan daerah.

“Kekuasaan presiden saat ini sangat terbatas, karena kewenangan pusat atas daerah sudah dibatasi UU OTDA, politik anggaran Jokowi ingin merusaknya. Jokowi mengancam daerah untuk memotong anggaran DAK adalah pelanggaran serius terhadap UU Otda.. paham kelian..?” tulis @ypaonganan.

Paonganan mengingatkan agar pendukung Jokowi mencermati cara berpikir Jokowi. “Inilah kalau tukang kayu kelian gadang-gadang mau jadi presiden, pemahamanan tentang tata negara tidak ada, tahunya bikin meja dan kursi,” tulis @ypaonganan.

Share Button

Related Posts