December 11, 2018

Foto Amien Rais-Habib Rizieq Hilang di Instagram, Ini Kata Menkominfo

Amien Rais, Habib Rizieq dan Prabowo Subianto (ist)


intelijen – Salah satu foto yang diunggah Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mendadak dihapus Instagram. Foto yang ia unggah di akun @amienraisofficial tersebut, memperlihatkan pertemuan antara Amien Rais, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

Diungkap, foto tersebut beberapa kali sempat diunggah, tetapi mendadak hilang di Instagram.

Amien Rais pun mengungkapkan kekecewaannya terhadap hilangnya foto itu. Admin akun tersebut mengatakan bukti kebebasan berekspresi telah dicederai. Akun ini juga seolah menganggap pemerintah turut campur tangan untuk menghapus foto itu.

Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan baik pihak Kemkominfo dan pemerintah tidak meminta Instagram untuk menghapus foto tersebut.

“Kami tidak meminta Instagram untuk menurunkan foto orang Indonesia yang sedang umroh di Mekkah yang banyak dibicarakan. Kami sedang fokus menangani konten-konten negatif seperti radikalisme-terorisme, perjudian, dan lain-lain,” ujar pria yang karib disapa Chief RA ini seperti dilansir Tekno Liputan6.com via pesan singkat.

“Secara teknis, yang mungkin terjadi adalah pemilik akun sendiri yang melakukan atau Instagram sendiri atau atas aduan masyarakat/komunitas pengguna Instagram, yang pasti bukan kami,” tegasnya.

Untuk diketahui, admin Instagram @amienraisofficial juga sempat mengunggah bukti foto yang dihapus dilengkapi caption bernada kecewa.

“IG akhirnya menghapus kembali berkali-berkali secara sepihak semua foto yang kami upload, yang berkaitan dengan tokoh tertentu. Ini bukti bahwa kebebasan berekspresi (yang bertanggung jawab) yang menjadi salah satu agenda reformasi kembali dicederai, mengembalikan kita pada era yang represif (Order Baru), di tengah-tengah kebijakan-kebijakan populis yang palsu (Order Lama). Kita semua menantikan terang setelah zaman-zaman gelap, bukan sebaliknya! Mari #selamatkanindonesia,” tulis akun tersebut.

Berdasarkan foto yang diunggah Amien Rais di Instagram, fotonya dihapus karena telah melanggar Community Guidelines atau Pedoman Komunitas layanan tersebut.

Menurut keterangan di laman Pedoman Komunitas Instagram, ada beberapa pelanggaran batasan yang akan mengakibatkan penghapusan konten, penonaktifan akun, atau larangan-larangan lain.

Share Button

Related Posts