October 22, 2017

Erdogan Salahkan Dubes AS Atas Ketegangan Diplomatik dengan Washington

Presiden Recep Tayyip Erdogan


intelijen – Presiden Tayyip Erdogan menyalahkan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Turki, John Bass atas krisis diplomatik antara kedua negara. Erdogan juga mengatakan, Ankara tidak lagi menganggapnya sebagai utusan Washington.

Erdogan menilai Bass bertindak secara sepihak dalam menangguhkan layanan visa di Turki, setelah penangkapan seorang pekerja konsulat AS, dan mengatakan seorang “agen” telah menyusup ke misi AS di Turki.

“Seorang dubes di Ankara mengambil keputusan, dan mengatakan bahwa dia melakukannya atas nama pemerintahannya, itu aneh. Jika dubes kami melakukan ini, kami tidak akan menahannya di sana, bahkan meski hanya sebentar saja,” ucap Erdogan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (11/9).

Kedubes AS pada hari Minggu malam menyatakan, pihaknya menangguhkan layanan visa sementara. AS juga menilai komitmen Turki terhadap keselamatan misi dan stafnya. Pada Senin malam, Bass melalui sebuah video kembali menyampaikan pesan yang sama.

Penangguhan visa ini dilakukan oeh kedubes AS, setelah otoritas keamanan Turki menangkap seorang warga Turki yang bekerja di Konsulat AS di Istanbul karena diduga memiliki hubungan dengan Fethullah Gulen. Kedubes AS menyebut penangkapan itu tidak berdasar.

Tapi Erdogan mengatakan, penangkapan tersebut, dan sebuah permintaan polisi untuk menanyai pegawai konsulat kedua, menunjukkan ada sesuatu yang aneh di Konsulat AS di Istanbul. “Bagaimana agen-agen ini menyusup ke konsulat AS,” tanya Erdogan.

Dia mengatakan bahwa Bass, yang akan meninggalkan posnya di Turki untuk ditempatkan di Afghanistan, telah melakukan kunjungan perpisahan ke kantor-kantor pemerintah.

“Tapi menteri kami, juru bicara parlemen, dan saya sendiri tidak menerima dan tidak akan menerima permintaannya, karena kami tidak melihatnya sebagai wakil dari AS,” tukasnya.

Share Button

Related Posts