October 18, 2018

Erdogan: Mundur dari Kesepakatan Nuklir, AS Ciptakan Masalah Baru

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (ist)


intelijen – Presiden Turki, Tayyip Erdogan menyatakan, Amerika Serikat (AS) akan menciptakan masalah baru, baik dari segi politik ataupun dari segi ekonomi dengan mundur dari kesepakatan nuklir Iran.

Erdogan menyatakan, AS mungkin mendapatkan sedikit keuntungan dari sisi ekonomi dengan mundur dari kesepakatan tersebut. Namun, banyak negara, khususnya negara yang sedang berkembang menderita akibat keputusan AS itu.

“AS mungkin mendapatkan beberapa keuntungan tertentu dari penarikan mundur ini atau kenaikan harga minyak, tetapi banyak dari negara-negara dalam kemiskinan bahkan akan terpukul lebih keras dan lebih dalam. Kami tidak membutuhkan krisis baru di kawasan ini,” kata Erdogan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (10/5).

Ketika ditanya apakah tindakan Trump bisa mengarah pada perang geopolitik, Erdogan menyatakan hal itu bisa saja terjadi, tapi baik dia ataupun pemimpin lain di dunia tidak ingin hal itu terjadi.

Dirinya juga menyebut, bahwa apa yang dilakukan AS merupakan tindakan yang semena-mena dan pada akhirnya AS akan menjadi pihak yahg kalah dalam hal ini.

“Bukan itu yang ingin kita lihat tentu saja, ini bukan sesuatu yang diharapkan. Namun dalam pandangan saya, AS akan menjadi pihak yang kalah. Iran tidak akan pernah berkompromi dengan perjanjian ini dan akan mematuhi perjanjian ini sampai akhir,” ucapnya.

“Ini bukan bagaimana mekanisme internasional bekerja, perjanjian internasional dan konvensional internasional tidak dapat dibatalkan sesuka hati. Jika ada dokumen yang memuat tanda tangan Anda, Anda harus menghormati itu, Anda harus mematuhi itu,” tukasnya.

Share Button

Related Posts