January 16, 2019

Email Internal Ungkap Bagaimana Facebook Jual Data Pengguna

ilustrasi (ist)


intelijen – Email internal perusahaan menunjukkan bagaimana Facebook menjual dan memberikan akses data pengguna kepada perusahaan lain, beberapa waktu lalu.

Langkah tersebut menandai perubahan dramatis Facebook untuk kemudian tidak menjual lagi informasi pribadi milik penggunanya. Demikian menurut dokumen pengadilan yang dilihat oleh The Wall Street Journal.

Sekadar informasi, email-email ini dikirimkan pada 2012 hingga 2014.

Mengutip laman Market Watch, Kamis (29/11/2018), email internal juga mengindikasikan bagaimana karyawan-karyawan Facebook mendorong para pengiklan untuk mengeluarkan uang lebih banyak demi bisa mengakses data-data pengguna.

Secara keseluruhan, email menunjukkan perusahaan membahas cara memonetisasi data-data pengguna seperti yang dilakukan oleh beberapa perusahaan teknologi lain.

Kendati demikian, Facebook mengatakan, mereka tidak melakukan pembahasan tentang monetisasi data itu.

Pada sidang dengan Kongres April lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebutkan, “Saya sangat jelas dengan topik ini: Kami tidak menjual data.”

Email-email tersebut memang jauh dari data yang sebenarnya serta kurang konteks. Bahkan, sejumlah email terpotong alias tak lengkap.

Kendati demikian, email-email menyediakan sedikit informasi, sebab selama ini sebagian besar pengajuan pengadilan bersifat tertutup.

Email juga menggambarkan bagaimana Facebook telah lama menggunakan cara tersebut untuk memaksimalkan nilai jual data, tanpa menyalahgunakan privasi pengguna.

Share Button

Related Posts