May 26, 2018

Dua Pesawat Mata-mata AS Dekati Wilayah Rusia, Satu Dicegat Su-27

P-8A Poseidon


intelijen – Dua pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) melakukan beberapa penerbangan ke dekat eksklave Rusia di Kaliningrad pada hari Sabtu. Kedua pesawat mata-mata itu adalah RC-135V dan P-8A Poseidon.

Mil Radar, situs pemantau penerbangan militer AS di seluruh dunia mengonfirmasi penerbangan dua pesawat mata-mata itu ke dekat Kaliningrad.

Pesawat pengintai elektronik RC-135V, yang diterbangkan dari pangkalan Inggris di Mildenhall, terbang di atas Laut Baltik dan Polandia dan mendekati wilayah perbatasan wilayah Rusia di Kaliningrad.

Sedangkan pesawat Boeing P-8A Poseidon, berangkat dari pangkalan Emari di Estonia dan terbang di atas kawasan Baltik di dekat wilayah Kaliningrad.

“USAF RC-135V 64-14844 TOKEN42 meninggalkan Mildenhall di 0620z. Misi Polandia Timur dan Baltik Selatan,” tulis Mil Radar di akun Twitter-nya, @MIL_Radar, yang dikutip Senin (7/5/2018).

Misi pesawat P-8A Poseidon dicegat pesawat jet tempur Su-27 Rusia. “US Navy P-8A 168998 LANCR88 berangkat Amari di 0716z. Misi Baltik dan diadang oleh jet tempur Angkatan Udara Rusia Su-27,” lanjut tweet Mil Radar.

Baik militer AS maupun Rusia hingga kini belum mengonfirmasi kejadian tersebut.

Penerbangan pesawat mata-mata AS ke dekat wilayah Rusia dan dicegat jet tempur Moskow bukan sekali ini terjadi. Pada 2 Mei 2018, pesawat P-8 Poseidon yang terbang di wilayah udara Baltik dicegat jet tempur Su-27 Rusia.

Menurut laporan oleh militer AS, tindakan pilot Su-27 digambarkan masih aman, tetapi tidak profesional.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, hanya dalam waktu seminggu hingga akhir April ada 17 pesawat asing yang melakukan misi pengintaian di perbatasan Rusia. Pasukan pertahanan udara telah sepuluh kali melakukan misi pencegatan dan mengawal pesawat-pesawat asing menjauh dari wilayah Rusia.

Share Button

Related Posts