March 22, 2019

Dua Pemimpin Korea Bertemu, Musuh yang Kini Berjabat Tangan

Kim Jong-un dan Moon Jae-in


Dua pertemuan puncak sebelumnya antara para pemimpin Korea, pada tahun 2000 dan 2007, berada di Pyongyang, ibu kota Korea Utara.

Kehangatan situasi tampak jelas antara kedua pemimpin Korea itu. Pemandangan ini sangat kontras dengan ketegangan antara kedua negara pada tahun lalu di tengah uji coba senjata Pyongyang.

Namun, sejak Januari, ketegangan telah mencair yang diawali pawai tim olahraga Olimpiade dua Korea di bawah satu bendera unifikasi pada musim dingin Februari lalu di Korea Selatan.

Setelah berjalan di sepanjang karpet merah dengan sambutan pasukan penjaga Korea Selatan yang mengenakan pakaian tradisional biru, kuning dan merah, Kim dan Moon memasuki Gedung Perdamaian. Di gedung inilah, keduanya diharapkan akan membahas denuklirisasi dan pertukaran budaya.

Beberapa menit sebelum Kim memasuki Gedung Perdamaian, tim keamanan Korea Utara melakukan sweeping untuk mengantisipasi kemungkinan adanya bahan peledak dan alat-alat penyadap, serta menyemprotkan disinfektan di udara, di kursi, dan di buku tamu yang harus ditandatangani Kim.

Tak lama kemudian, Kim menulis pesan di buku tamu. “Sejarah baru dimulai sekarang,” tulis dia. “Era perdamaian, dari titik awal sejarah.”

Share Button

Related Posts