July 28, 2017

Dosa PKI di Masa Lalu yang Ditakuti hingga Kini

aksi masa anti komunisme (ist)


intelijen – Partai Komunis Indonesia (PKI) diisukan muncul kembali ternyata mendapat penolakan keras. Diduga, hal itu dikarenakan partai tersebut pernah membunuh beberapa jenderal pada masanya.

“Mungkin karena mereka dulu suka melarang, membakar dan membunuh para jenderal-jenderal itu,” kata Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI, Laksda (Purn) Soleman Ponto saat dihubungi Okezone, di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Kendati demikian, ia tak meyakini bahwa PKI kini sudah berada di tengah-tengah masyarakat seperti yang dikatakan Mayjen (Purn) Kivlan Zein bahwa gerakan yang muncul di era 60-an itu akan bangkit 2017 mendatang dan kini sudah memiliki kantor di Jakarta Pusat.

“Oh kalau itu tanya ke Kivlan Zein saja. Kalau aku sih nggak yakin itu PKI. Darimana bisa munculnya, orang sekarang saja segala hal yang berkaitan dengan PKI itu dilarang kok. Buku-buku saja tidak boleh darimana bisa belajar?” ujarnya.

Seperti baru-baru ini saja Pemerintah mengadakan simpsosium untu membedah tragedi 1965, namun ternyata acara tersebut dibubarkan bahkan oleh aparat sekalipun.

“Sekarang tujuannya mereka melakukan simposium itu untuk apa sih? Hanya mengenang kan. Kalau misalnya anak-anak yang berasal dari keluarga PKI kemudian berkumpul, memang sudah dipastikan bahwa mereka sedang membicarakan atau menyebarkan paham PKI? Kan belum tentu,” tukas Soleman. (Okezone)

Share Button

Related Posts