August 16, 2018

Djoko Setiadi

Djoko Setiadi


intelijen – Djoko Setiadi adalah mantan Kepala Lembaga Sandi Negara Indonesia. Setelah lulus SMA pada tahun 1977, ia mendaftar ke Akademi Sandi Negara (AKSARA) melalui informasi yang ia peroleh dari surat kabar. Dari ratusan pendaftar, Djoko Setiadi berhasil menjadi salah satu dari 8 orang yang terpilih. Djoko akhrinya berhasil meluluskan pendidikannya dari AKSARA pada 1980.

Djoko sangat mengangumi sosok dr. Reobiono Kertopati yang merupakan salah satu pendiri Lembaga Sandi Negara dengan latar belakang TNI, ia lalu memutuskan untuk masuk TNI dan lulus pada 1981.

Saat masih berpangkat Letnan Dua, Djoko ditugaskan ke Kalimantan Barat selama kurang lebih 8 tahun. Saat di Kalimantan Barat, ia bertemu dan menikah dengan Kyatti Imani, serta dikaruniai 2 putri kembar. Saat berpangkat Kapten, Djoko Setiadi memperoleh kesempatan untuk mengikuti penugasan di Kementrian Luar Negeri. Tahun 1990, ia berhasil lulus dan ditempatkan di Pusat Komunikasi Kementrian Luar Negeri.

Setelah itu, ia mendapat penugasan di Pusintelad, Turki selama kurang lebih 4,5 tahun yang dilanjutkan di Kodam I/BB di Medan.

Berdasarkan perintah dari Kepala Lemsaneg saat itu, Djoko dipindahkan ke Lemsaneg dan kembali mengabdikan diri di lembaga tersebut.

Saat itu, ia dipercaya menjadi Direktorat Pengamanan Sinyal di Ciseeng. Tak lama berselang, Deputi Pengaman Persandian (Deputi II) mencapai masa pensiun dan digantikan oleh Djoko Setiadi.

Tahun 2008 Nachrowi Ramli yang saat itu menjabat sebagai Kepala Lemsaneg pensiun dan digantikan oleh Wiryono Budiharso.

Setelah itu, melalui Keputusan Presiden (Keppres), Bapak Djoko Setiadi diangkat untuk memimpin Lemsaneg hingga saat ini.

Pada Rabu, 3 Januari 2018, Mayjen TNI Djoko Setiadi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Istana Negara Jakarta.

Presiden mengambil sumpah dan melantik mantan Kepala Lembaga Sandi Negara ini menjadi Kepala BSSN pada pukul 10.00 WIB.

Sumber: Tirto.id

Share Button

Related Posts