December 11, 2018

Diskon Tarif Tol 10% Tak Berlaku saat Puncak Mudik Lebaran

Tol Cipularang


intelijen – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah sepakat menerapkan diskon tarif tol 10 persen bagi kendaraan yang melintas saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Namun, diskon itu tidak berlaku saat puncak arus mudik.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi Moerwanto mengatakan bahwa diskon tarif tol sengaja tidak diberlakukan saat puncak arus mudik Lebaran 2018 untuk menghindari penumpukan kendaraan di waktu bersamaan.

Diskon tarif tol sebesar 10 persen diberlakukan sebelum puncak mudik sebagai strategi pemerintah untuk mengatasi kemacetan. Dengan diskon itu, diharapkan masyarakat tidak pulang kampung di waktu yang bersamaan.

“Kecuali untuk jalan yang sepi, ini strategi aja, kami berikan ke masyarakat dari jauh-jauh hari untuk bisa memilih,” kata Arie di Gedung Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu 24 Mei kemarin.

Menurut Arie, jadwal diskon tarif tol yang telah disepakati bersama dengan BUJT itu akan diumumkan minggu depan. Namun, ia enggan menyebutkan kepastian tanggal tersebut, tetapi dia menjamin tidak lebih dari pekan depan, kebijakan tarif dan waktu untuk diskon itu sudah dikeluarkan.

Kementerian PUPR masih menimbang-nimbang untuk mengeluarkan Surat Keputusan prihal diskon tarif tol itu. Arie beralasan, ketetapan diskon itu merupakan keinginan dari BUJT, bukan perintah dari kementerian.

Menurutnya, ada beberapa poin yang masih diperdebatkan soal tarif tol tersebut, Arie berujar kepentingan tiap BUJT untuk memberikan diskon berbeda-beda, untuk tol baru, diskon diberikan untuk promosi atau memperkenalkan diri, sementar untuk jalan tol yang sudah padat justru akan menciptakan kemacetan.

“Ini kan strategi bisnis ya, saya serahkan ke BUJT. Makanya ini yang membedakan, setiap BUJT punya strategi bisnis sendiri,” tutur dia.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memberikan diskon tarif tol sebesar 10 persen saat mudik lebaran. Meski begitu, pihaknya menjamin kendaraan di jalan tol tidak akan terlalu padat pada mudik 2018 ini karena adanya diskon tarif tol.

Share Button

Related Posts