October 18, 2018

Diburu 7 Tahun, Pemimpin Abu Sayyaf Ditangkap di Filipina



POLISI Filipina mengklaim telah menahan seorang pria yang disebut Amerika Serikat sebagai pemimpin dan penyandang penyandang dana kelompok militan Abu Sayyaf.

Pria bernama bernama Khair Mundos tersebut ditangkap di pinggiran Kota Manila, Rabu (11/6) pagi. Penangkapan itu sekaligus menghentikan perburuan selama tujuh tahun lamanya.

Seperti dilansir Voice of America (VOA) pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan sudah mengimingi hadiah sebesar USD 500 ribu bagi yang menangkap Mundos. AS sangat memburu Mundos karena dinilai mengancam warga AS dan Filipina.

Kepala Intelijen Filipina, Mayor Jendral mengatakan, Mundos ditangkap tanpa perlawanan berarti. Penangkapan tersebut adalah pukulan besar bagi Abu Sayyaf.

Sebelumnya Mundos pernah ditangkap pada Mei 2004 setelah mengaku mengatur transfer dana dari al-Qaeda Abu Sayyaf. Tapi Mundos berhasil melarikan diri dari penjara di 2007.

Di Filipina, kelompok Abu Sayyaf berperang melawan pemerintah setempat dan mendirikan sebuah teokrasi Islam di Filipina Selatan yang menjadi rumah beberapa kelompok militan Islam lainnya.

Abu Sayyaf juga bertanggung jawab atas pemboman feri di dekat Manila Bay 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang. (abu/jpnn) Read More

Share Button