March 25, 2019

Dianggap Lancarkan Operasi di Eropa, UE Sanksi Badan Intelijen Iran

Iran (ist)


intelijen – Uni Eropa (UE) dilaporkan telah menjatuhkan sanksi kepada dinas intelijen Iran. Sanksi ini dijatuhkan UE, karena badan yang berbasis di Brussel itu menilai Teheran merencanakan operasi pembunuhan di Eropa

Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen dalam sebuah pernyataan menyatakan, sanksi ini adalah sinyal yang jelas kepada Iran, bahwa UE tidak akan menerima perilaku semacam itu di tanah Eropa.

“UE baru saja menyetujui untuk menjatuhkan sanksi terhadap Dinas Intelijen Iran atas rencana pembunuhannya di tanah Eropa. Sinyal kuat dari UE bahwa kami tidak akan menerima perilaku seperti itu di Eropa,” ucap Samuelsen, seperti dilansir Reuters pada Selasa (8/1).

Sanksi ini diketahui berupa pembekuan aset badan intelijen Iran dan dua orang pejabat Iran. Sanksi ini datang setelah Denmark mengatakan tahun lalu pihaknya mencurigai badan intelijen pemerintah Iran melakukan plot pembunuhan di tanahnya.

Samuelsen menyebut, dua pejabat Iran yang dikenai sanksi adalah Wakil Menteri sekaligus Direkturt Jenderal Intelijen Iran, Hashemi Moghadam dan seorang diplomat Iran yang bertugas di Wina, Swiss, Assadollah Asadi.

Sementara itu, UE dalam pernyataannya menuturkan bahwa keputusan untuk menjatuhkan sanksi kepada dinas intelijen Iran ini dicapai secara konsensus, di mana tidak ada satu negarapun yang menolaknya.

“Keputusan itu diambil tanpa debat pada pertemuan Menteri UE yang tidak terkait di Brussels dan pembekuan aset mulai berlaku pada hari Rabu,” kata UE dalam sebuah pernyataaan.

Share Button

Related Posts