January 16, 2019

Demokrat: Ma'ruf Amin Bikin Sepak Bola Tercemar Politik

KH Maruf Amin (pikiranrakyat)


intelijen – Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut calon wakil presiden nomor 01 Ma’ruf Amin telah membuat dunia sepak bola Indonesia tercemar kepentingan politik setelah menyeret bobotoh, suporter Persib Bandung ke dalam kontestasi Pilpres 2019.

Hal ini dikatakan Ferdinand, terkait Ma’ruf menerima kedatangan sejumlah bobotoh di kediamannya, Rabu (2/1). Mantan Rais Aam PBNU itu juga mengaku pendukung Persib alias bobotoh.

“Saya pikir bahwa Ma’ruf Amin ini bukannya membawa kebaikan dalam demokrasi ya, justru membuat dunia persepakbolaan kita tercemar,” kata Ferdinand kepada CNNIndonesia.com, Jumat (4/1).

Ferdinand yang juga anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menegaskan sepak bola seharusnya jauh dari kepentingan politik praktis. Menurut dia, Ma’ruf selaku pendamping Presiden Joko Widodo pada pesta demokrasi lima tahunan kali ini tak menunggangi bobotoh.

“Harusnya pak Kiai Ma’ruf mengerti dunia olahraga itu harus bersih dari unsur unsur politik dan kepentingan politik. Tapi justru pak Kiai Ma’ruf Amin sebagai cawapres membawa sepak bola ke ranah politik,” ujar mantan relawan Jokowi pada Pilpres 2014 ini.

Ferdinand menyatakan dukungan sejumlah bobotoh kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf juga sudah dibantah oleh Persib Bandung maupun Viking Persib Club (VPC). Dia menduga dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf hanya dilakukan oleh segelintir oknum bobotoh yang memiliki kepentingan politik.

“Kami juga menyayangkan adanya oknum-oknum yang kami tahu di akun resmi Persib Bandung dan Bobotoh telah menyangkal orang-orang yang terlibat di dalam kampanye Jokowi-Ma’ruf,” ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan sejumlah orang yang mengatasnamakan viking dan bobotoh, suporter Persib Bandung mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf tak terlepas dari posisi Ketua Umum Viking Heru Joko.

Andre menyebut Heru Joko yang disebut memerintahkan sejumlah bobotoh dan Viking bertandang ke rumah Ma’ruf Amin adalah salah satu calon anggota legislatif dari Partai NaSdem.

“Kan kami tahu Ketua Viking Heru Joko itu caleg NasDem. Tapi yang pasti banyak bobotoh Persib itu pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi,” kata Andre kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/1).

Dalam penelusuran di website KPU, Heru Joko terdaftar sebagai caleg NasDem untuk DPRD Kota Bandung dengan nomor urut 4. Dalam daftar itu dia bernama lengkap Herru Joko dengan daerah pemilihan Kota Bandung 6.

 

(Sumber)

Share Button

Related Posts