December 12, 2018

Debat Ketiga Pilgub Jabar, Pengamat: Asyik Jangan Ragu Berbeda

Sudrajat-Ahmad Syaikhu


intelijen – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar menggelar debat ketiga Pilgub Jabar, Jumat (22/6/2018). Kali ini, materi debat di antaranya mengarah pada pelayanan publik. Empat pasangan calon pun bakal kembali beradu visi misi dan program terkait materi tersebut.

Ketua Tim Pemenangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) Haru Suandharu mengakui, pasangan Asyik akan menjadi fokus perhatian pada debat ketiga nanti. Menurut dia, Asyik beruntung sangat beruntung karena cagub Jabar Sudrajat memiliki dasar pendidikan tentang kebijakan publik di Universitas Harvard.

Sementara Calon Wakil Gubernur Jabar Akhmad Syaikhu merupakan mantan pejabat Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sehingga sangat memahami transparansi pelayanan publik. “Saya berharap Asyik bisa lebih baik dan tampil maksimal. Nantikan saja Asyik di televisi kesayangan Anda,” kata Haru beberapa waktu lalu.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, dalam debat ketiga Pilgub Jabar nanti pasangan Asyik harus memakai prinsip Kun Anta atau jadi diri sendiri. Pasangan Asyik, kata dia, jangan ragu dengan konsep dan pengalaman, termasuk komitmen berbeda dengan lawan lainnya.

“Asyik mesti pake prinsip Kun Anta, jadi diri sendiri aja, jangan ragu-ragu dengan konsep dan pengalaman termasuk komitmen untuk berbeda dengan lawan lainnya.

Hanya Asyik yang berseberangan dengan pasangan lain menjanjikan #2019GantiPresiden itulah yang harus dikomunikasikan sehingga diferensiasi itu benar nyata,” kata Hendri, Kamis (21/6/2018).

Seperti diketahui, Pilgub Jabar 2018 diikuti empat pasangan calon. Mereka masing-masing Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Tb Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pada debat kedua Pilgub Jabar, Senin (14/5/2018), pasangan Asyik membuat manuver dengan menyatakan jika mereka menang Pilgub Jabar 2018, maka 2019 akan sukses menggganti Presiden. “2019 kita akan ganti Presiden, Asyik menang,” ujar Sudrajat saat menyampaikan ucapan penutup.

Tak hanya itu, Syaikhu juga membawa kaos bertuliskan #2019GantiPresiden. Sontak kericuhan antara sesama pendukung paslon sempat membuat repot pembawa dan panitia acara debat.

Menurut Hendri, respons tiga paslon lain saat itu mempertegas ke publik mereka berpihak ke Istana. Selama ini, kata Hendri sudah menjadi rahasia umum kedekatan Ridwan Kamil dengan PDIP, sementara Deddy Mizwar beberapa kali bertemu Jokowi sebelum Pilgub. Adapun TB Hasanuddin-Anton Charliyan, kata Hendri, sudah jelas didukung penguasa.

 

 

Red

Share Button

Related Posts