August 17, 2018

Cara Google Atasi Negara-negara yang Batasi Internet

Pengguna internet di Iran (IST)


Pengguna internet di Iran (IST)

Pengguna internet di Iran (IST)

Intelijen – Perusahaan lakukan revolusi seperti terowongan bawah tanah untuk jaringan online di negara yang membatasi jaringan internet seperti Iran dan Suriah.

Ide untuk menerobos jaringan internet ini seperti tombol untuk browsing yang di sebut uProxy. Demikian dikutip dari nbcnews.com, Rabu (23/10).

Google berbicara dalam konferensi bertema “Konflik di Jaringan.” Google juga meluncurkan teknologi serangan cyber di seluruh dunia yang pemerintahannya bertindak represif.

Inovasi dari Divisi Google Idea mempunyai peran penting di sosial media saat terjadinya pergerakan di di seluruh dunia khususnya kawasan Timur Tengah.

Pada 17 September 2013 warga Iran sangat menikmati internet di sebuah kafe di Teheran. Mereka dapat menikmati Facebook dan Twitter, tetapi tak lama kemudian, Pemerintah Iran memblokir situs jaringan sosial media itu dan mensensor beberapa situs internet.

Berdasarakan bagian komunikasi Iran, Abdolsamad Khoramabadi, seseorang yang mengakses internet akan mengalami kesalahan teknis karena pemerintahan telah mengawasi berbagai situs internet.

“Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi para aktivis yang menginginkan perubahan,” kata Philip Howard, seorang profesor di University of Washington yang telah menulis tentang dampak media sosial pada perubahan politik.

“Pihak pemerintah menggunakan media sosial untuk memata-matai para aktivis  dan mengawasi pembicaraan politik,” ungkap Howard.

Perang saudara di Suriah, para penentang Presiden Bashar Assad menginformasikan tindakan represif yang dilakukan Assad. Mereka memberitakan melalui media online.

David Drummond, Wakil Senior di perusahaan mengatakan pada konferensi Senin bahwa Google didirikan untuk memberikan informasi dan bisa dikatakan sebagai kegiatan sosial.

Share Button