August 20, 2018

Cak Imin Gagal jadi Cawapres Jokowi, PKB Tetap Dukung Jokowi! Ini Alasannya

Joko Widodo dan Muhaimin Iskandar (kompas)


intelijen – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan tetap mendukung Joko Widodo untuk berlaga di Pilpres 2019 walaupun Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tidak jadi dipilih menjadi Cawapres mantan Wali Kota Solo itu.

Analisis itu disampaikan pengamat politik Ahmad Yazid kepada intelijen (20/04). “Cak Imin tidak dipilih Cawapres Jokowi, PKB tetap dukung Jokowi. Karakter PKB itu selalu bersama penguasa,” tegas Ahmad Yazid.

Yazid memprediksikan, PDIP sudah mempunyai data dan simulasi jika tidak menyandingkan Jokowi dengan Cak Imin. “Pilpres itu faktor figur, dan bagi kalangan NU maupun konstituen PKB, tetap memilih Jokowi walaupun cawapres dari kalangan NU sendiri,” papar Yazid.

Menurut Yazid, saat ini PKB dan Cak Imin berupaya melakukan penggalangan opini dan branding bahwa layak mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Namun demikian, kata Yazid, ada satu kesalahan yang mengganjal Cak Imin. “Kesalahan Cak Imin itu belum melakukan komunikasi yang intensif dengan Megawati Soekarnoputri. Saat ini cawapres Jokowi itu sudah ada di tangan Megawati,” jelas Yazid.

Jokowi dan partai koalisi termasuk Golkar akan tetap mengikuti arahan Megawati ketika Ketua Umum PDIP menentukan cawapres.

“Seperti Pilkada DKI Jakarta koalisi mendukung langkah Megawati memilih Ahok-Djarot,” pungkas Yazid.

Berdasarkan hasil survei Cyrus Network, nama Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menduduki posisi teratas cawapres ideal bagi Joko Widodo. Keterpilihan AHY sebagai cawapres Jokowi mencapai 15 persen.

Sedangkan keterpilihan Cak Imin ada di urutan sepuluh. Hanya 2,6 persen responden yang memilih Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Red

Share Button

Related Posts