October 24, 2018

Bos Dewan HAM PBB Pertanyakan Undangan Jokowi untuk Kunjungi Papua

Zeid Raad Al Hussein


intelijen – Komisioner Tinggi Dewan HAM PBB, Zeid Raad Al Hussein mempertanyakan realisasi dari undangan yang disampaikan kepada dirinya oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan kunjungan ke Papua.

Berbicara saat pertemuan Dewan HAM PBB di Jenewa, Zeid menyatakan, dia senang bahwa ada komunikasi yang baik dengan pemerintah Indonesia. Namun, sayangnya sampai saat ini undangan bagi dia dan Dewan HAM PBB ke Papua belum terwujud.

“Di Indonesia, saya khawatir bahwa meskipun ada keterlibatan positif dari pihak berwenang dalam banyak hal, undangan pemerintah ke kantor saya untuk mengunjungi Papua, yang dibuat selama kunjungan saya pada bulan Februari, masih belum dipenuhi,” kata Zeid, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi Dewan HAM PBB pada Selasa (19/6).

Seperti diketahui, undangan untuk melakukan kunjungan ke Papua disampaikan langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo saat dia menerima Zeid di Istana Negara Februari silam.

“Dalam pembahasan selama dua hari terakhir dengan Presiden, pemerintah Indonesia telah mengundang kami untuk mengunjungi Papua. Karena itu kami akan mengirim misi ke sana,” kata Zeid saat melakukan konferensi pers di kantor perwakilan PBB di Jakarta kala itu.

Namun, saat itu Zeid belum bisa memberikan rincian lebih lanjut mengenai kapan kunjungan itu akan dilakukan. Pangeran Yordania itu mengatakan harus ada koordinasi lebih lanjut, baik pemerintah Indonesia dan juga badan PBB lainnya.

Share Button

Related Posts