October 20, 2018

BIN Siap Bantu Bawaslu Usut Tabloid Obor Rakyat

Tabloid Obor Rakyat (IST)


Intelijen – Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman menyatakan siap membantu Badan Pengawasan Pemilihan Umum untuk menguak dugaan kampanye hitam tabloid Obor Rakyat terhadap calon presiden dan wakil presiden.

BIN mengklaim akan turun tangan jika ada permintaan resmi dari Bawaslu sebagai komitmen untuk mendukung pelaksanaan pemilihan presiden. “Kita bisa. Akan segera bantu,” kata Marciano di Universitas Pertahanan, Kamis, 12 Juni 2014.

Marciano mengatakan dirinya belum mendapat informasi detil perihal keberadaan dan aktivitas tabloid Obor Rakyat. Ia mengklaim hingga saat ini belum dapat menyimpulkan adanya kampanye hitam dalam pemberitaan tersebut. “Kita sedang melakukan pendalaman tentang pelaku,” kata Marciano.

Tabloid Obor Rakyat telah menerbitkan beberapa tulisan yang cenderung menyerang calon presiden Joko Widodo, seperti Capres Boneka dan Korupsi Transjakarta. Tabloid ini disebarkan secara luas, termasuk ke beberapa pesantren.

Bawaslu sendiri sudah melaporkan dugaan kampanye hitam tabloid Obor Rakyat pada Markas Besar Kepolisian. Anggota Bawaslu Nasrullah menyatakan ada dugaan seluruh daftar redaksional tabloid tersebut hanya fiktif belaka. Selain itu, alamat dan identitas yang terkait dengan tabloid tersebut juga palsu dan tak dapat dilacak. “Kepolisian tidak boleh tunggu laporan. Harus ada langkah preventif sehingga tak berujung pada konflik sosial,” kata Nasrullah.

Sumber: Tempo

Share Button

Related Posts