February 24, 2019

Bikin Hoax Lagi! Maruf Amin: Tak Pernah Ada Seumur RI Capres Gandeng Ulama jadi Cawapres

KH Maruf Amin (pikiranrakyat)


intelijen – Cawapres KH Maruf Amin pada acara Istigasah Qubro yang diselenggarakan Pondok Pesantren Bismillah Barubuk di Gedung Padepokan Pencak Silat Banten, Serang, Banten (21/01), menegaskan bahwa tidak pernah ada di Indonesia capres yang menggandeng ulama sebagai cawapres.

Pernyataan ini mengejutkan, mengingat KH Hasyim Muzadi dan KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) pernah menjadi cawapres.

Pengamat politik Ardi Wirdamulia menyakini bahwa pernyataan Kyai Maruf itu terkait dengan ingatan, bukan merendahkan dua ulama besar yang pernah menjadi cawapres.

“Ini sih persoalan ingatan. Karena ada KH A. Hasyim Muzadi, ada Gus Sholah. Bukan ingin merendahkan dengan menganggap mereka bukan ulama. Yakin saya. :p,” sindir Ardi di akun Twitter @awemany.

Sindiran lebih keras dilontarkan Direktur Centre for Strategic and Policy Studies (CSPC) Prijanto Rabbani menanggapi pernyataan Kyai Maruf. “Bikin hoax lagi!!,” tulis Prijanto di akun @RabbaniProjects meretweet tulisan bertajuk “Ma’ruf Amin: Seumur Republik Tak Pernah Ada Capres Gandeng Ulama”.

Saat menyampaikan tausiyah pada acara Istigasah Qubro itu Kyai Maruf mengungkapkan alasannya bersedia mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Satu di antaranya, kata Maruf, hingga kini belum ada masyarakat Indonesia kelahiran Banten yang menjadi wakil presiden sejak Indonesia merdeka pada 1945. “Selama ini belum ada orang Banten menjadi cawapres, sejak Indonesia merdeka. Ini kesempatan bagi orang Banten menjadi pemimpin nasional,” ujar Ma’ruf.

Selain itu, kata Maruf, dirinya bersedia menjadi cawapres karena ia menilai, Jokowi menghargai orang Banten. Maruf pun berharap, ke depan ada orang Banten yang menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Share Button

Related Posts