December 12, 2018

“Bendera Israel Berkibar di Papua tak Bereaksi, Buzzer Jokowi Pendukung Zionis?”

Konvoi Dukung Israel di Papua (ist)


intelijen – Sepinya reaksi buzzer penguasa terkait aksi pengibaran bendera Israel di GOR Waringin Kotaraja Jayapura, bisa dipersepsikan pendukung Joko Widodo menyokong aksi negara zionis tersebut.

Penegasan itu disampaikan aktivis politik Rahman Simatupang (17/05) menyikapi reaksi “diam” buzzer Jokowi di sosial media terhadap aksi pro Israel di Papua.

“Sama sekali pendukung Jokowi tidak mengecam pengibaran bendera Israel di Papua. Tak salah jika relawan Jokowi diniali sebagai bagian dari pendukung zionis Israel,” tegas Rahman Simatupang.

Menurut Rahman, berkibarnya bendera Israel di Papua sangat menginjak-injak kedaulatan bangsa Indonesia. “Israel itu negara penjajah dan anehnya relawan Jokowi diam saja,” papar Rahman.

Rahman mengungkapkan, biasanya pendukung Jokowi menanggapi santai dan mengatakan tidak perlu takut terhadap bendera, termasuk Israel. “Namun faktanya pendukung Jokowi meminta polisi menurunkan bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang bertuliskan Laa Ilaha Illa Allah. Ini sikap yang tidak konsisten,” tegas Rahman.

Di sisi lain, kata Rahman, pihak aparat kepolisian seharusnya tegas melarang berkibarnya bendera Israel itu di wilayah RI. “Kalau bendera Israel berkibar, artinya memberikan pengakuan. Padahal secara konstitusi bangsa Indonesia tidak mengakui negara penjajah Israel,” pungkas Rahman.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustifa Kamal menyatakan konvoi massa membawa bendera Israel dalam video yang viral di sosmed itu terjadi pada Senin (14/5). Polisi tidak mendapatkan pemberitahuan mengenai aksi konvoi tersebut.

Polda Papua, lanjut Ahmad, kini tengah mempelajari lebih lanjut video tersebut. “Kami masih melakukan kajian dengan kegiatan keagamaan yang membawa bendera Israel itu,” tutur Ahmad.

Video tersebut mendapatkan tanggapan beragam. Sebagaimana diketahui, banyak pihak di Indonesia melontarkan kecaman terhadap Amerika Serikat yang memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Pemindahan itu dianggap bentuk dukungan politik AS kepada Israel atas pendudukan tanah Palestina.

Red

Share Button

Related Posts