November 13, 2018

Basarnas Serahkan Temuan Puing dan Isi Pesawat ke KNKT untuk Investigasi

Basarnas Serahkan Temuan Puing dan Isi Pesawat ke KNKT untuk Investigasi/kumparan


intelijen – Hari kelima pencarian pesawat Lion Air JT-610 di perairan Ujung Karawang, Jawa Barat, Basarnas yang diwakili oleh Sekretaris Utama Basarnas (Sestama) Dianta Bangun memberikan seluruh temuan barang-barang Lion Air JT-610 kepada KNKT untuk kepentingan investigasi.

“Kita akan serah terima, kita akan serahkan dari tim SAR gabungan ke KNKT seluruh barang-barang ini. Selanjutnya sepenuhnya jadi kewenangan KNKT untuk investigasi” ujar Dianta di JITC, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/11).

Seperti dilansir Kumparan.com, Proses serah terima tersebut disaksikan juga oleh pihak dari tim gabungan pencarian seperti TNI AL, Polri, hingga pihak Lion Air.

Pantauan di lokasi, sejumlah barang seperti seperti serpihan badan pesawat, kursi, hingga karpet pesawat diangkut ke dalam sebuah truk boks berwarna putih. Sementara barang-barang milik penumpang seperti pakaian, tas, hingga sepatu masih berada di dermaga.

Sebelumnya Black box Lion Air PK-LQP ditemukan. Black box diangkat di Kapal Baruna Jaya I. Black box ditemukan dalam penyelaman di titik koordinat dimana sinyal black box terdeteksi.

Penemuan ini dikonfirmasi oleh penyelam TNI AL Sertu Hendra. “Kami ikuti alat, kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi sensitif kami gali lagi dan ternyata kami mendapatkan black box,” jelas Hendra, Kamis (1/11/2018), seperti dikutip dari detik.com.

Sehari sebelumnya, sinyal black box tertangkap transponder USBL. Sinyal tersebut berada pada koordinat S 05 48 48.051 – E 107 07 37.622 dan koordinat S 05 48 46.545 – E 107 07 38.393.

Pencarian black box diupayakan dengan menurunkan ROV dari Kapal Riset Baruna Jaya I. Pada pagi hari, ROV menangkap gambar serpihan pesawat di dasar laut. Petugas juga menggunakan ping locator untuk menangkap sinyal yang dipancarkan black box.

Sumber: Berbagai Sumber/Foto: Kumparan

Share Button

Related Posts