November 13, 2018

Bareskrim Polri Tangkap Empat Peretas Grup Blackhat

Ilustrasi. Shutterstock


intelijen – Jajaran Subdirektorat II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap empat orang anggota grup peretas yang bernama Blackhat.

Kasubdit II Bareskrim Siber, Kombes Rickynaldo Chairul menyampaikan, keempat orang yang rata-rata masih di bawah umur itu ditangkap terpisah yakni di Kediri, Surabaya, Jambi dan Cirebon.

“Menariknya kasus ini, terutama anak-anak di bawah umur masuk dalam grup Whatsapp yang dikuasai atau dikendaikan oleh seorang tutor,” kata Rickynaldo kepada wartawan di Direktorat Siber, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Para anggota grup, jelas Rickynaldo, diberikan pelatihan oleh seorang official alias mentor bagaimana melakukan hack atau deface dengan teknik-teknik tertentu.

“Mereka dites dengan maksud tertentu dan diberi target. Jika sudah berhasil mereka meng-upload hasil hacking mereka ke grup tersebut untuk memacu anggota-anggota yang lain,” urai Rickynaldo.

Grup ini, sangat aktif melakukan tutorial, sharing pengetahuan dan informasi soal mana saja situs-situs yang lemah dalam sistem keamanannya dan rata-rata yang diserang merupakan situs milik pemerintah lantaran dinilai rentan dan lemah sistem keamanannya.

“Tujuan mereka ini dalam grup WA blackchat adalah merekrut dan menggalang cybertroop muda,” pungkas Rickynaldo
Sumber: RMOL

Share Button

Related Posts