October 18, 2018

Bantah Kwik, PDIP: Pembangunan Infrastruktur Tak Asal-asalan

Kwik Kian Gie (ist)


intelijen – Ekonom Kwik Kian Gie menyebut pembangunan infrastruktur di era Presiden Jokowi dilakukan asal-asalan dan dibiayai dari utang. PDIP membela Jokowi.

“Pembangunan Infrastruktur tidak mungkin dilakukan asal-asalan, seperti yang dikemukakan oleh Pak Kwik Kian Gie,” kata Ketua DPP PDIP Nusyirwan Soejono kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

Nusyirwan menyebut pernyataan Kwik tak berdasar. Sebab, semua program pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah telah direncanakan dan masuk dalam Program Strategis Nasional.

“Semua program infrastruktur yang saat ini dijalankan rata-rata sudah direncanakan sejak 5 tahun lalu,” ujarnya.

Anggota DPR ini juga menepis pembangunan infrastruktur dibiayai dengan utang. Menurutnya, pengaruh pembangunan terhadap utang luar negeri sangat kecil.

“Sebagai contoh jalan tol. Pinjaman luar negeri dalam pembiayaan kostruksi porsi pemerintah hanya 2,68 % dari total pembiayaan jalan tol yang saat ini sedang berjalan sebesar 470 triliun,” kata Nusyirwan.

“Selebihnya pembiayaan berasal dari ekuitas dan pinjaman lembaga keuangan dalam negeri dari Badan Usaha Penyelenggara,” sambungnya.

Kwik Kian Gie sebelumnya menyebut pembangunan infrastruktur dilakukan secara asal-asalan. Pembiayaan infrastruktur ini disebut Kwik juga berasal dari utang.

“Nah, yang sekarang dilakukan dan sudah berkali-kali saya katakan adalah bahwa infrastruktur itu asal dibangun, sampai uangnya kurang pun tidak peduli, utang ke luar negeri,” kata Kwik dalam diskusi di Media Center Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Rabu (26/9).
Sumber: Detik

Share Button

Related Posts