October 24, 2018

Bank Mandiri Gandeng Grab Sediakan Modal Kerja Bagi Ribuan UMKM

Bank Mandiri


intelijen – Bank Mandiri gandeng aplikasi transportasi Grab untuk ekspansi pembiayaan kepada ribuan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam GrabFood. Melalui kerja sama ini, ribuan rekanan GrabFood di seluruh Indonesia dapat memperkuat modal kerja outlet dan ekspansi pasar mereka.

Nota Kesepakatan ini ditandatangani olehWawan Setiawan, SVP Micro Banking Bank Mandiri dan Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia di Plaza Mandiri, Senin (7/5) dengan disaksikan oleh Donsuwan Simatupang, Pejabat Eksekutif Retail Banking Bank Mandiri dan Ongki Kurniawan, Executive Director Grab Indonesia.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan, dengan kerja sama ini dapat menyentuh 60 ribu outlet rekanan GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebesar 60% (enam puluh persen) di antaranya merupakan UMKM. Adapun, wilayah operasional GrabFood saat ini telah mencakup 28 kota di seluruh Indonesia.

Di antaranya mencakup Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cimahi.

“Keberadaan GrabFood sebagai salah satu penyedia layanan pengantaran makanan dan minuman dengan sistem door-to-door kini semakin populer di kalangan milenial. Melalui kerjasama ini, kami optimis bisa memberikan nilai tambah yang membuat fasilitas ini semakin menjadi pilihan utama masyarakat.” kata Donsuwan dalam keterangan resmi, Senin (7/5/2018).

Dengan skema ini, UMKM mitra GrabFood akan mendapatkan fasilitas pembiayaan dengan plafon maksimal Rp200 juta dengan bunga 7% per tahun. Skema ini sangat menguntungkan dan mendukung UMKM mitra GrabFood dalam mengembangkan usaha mereka.

“Kami sadar sebagian besar pelaku UMKM adalah industri kreatif atau pengolahan pada sektor produktif. Oleh karena itu, kami berharap inisiatif ini juga dapat membantu memenuhi target penyaluran 50% KUR ke sektor produktif.” jelas Donsuwan.

Sementara Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyambut, baik kerja sama dengan Bank Mandiri yang telah memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia. Melalui kerja sama ini, pihaknya berharap dapat membantu ribuan mitra GrabFood yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal untuk mengantisipasi perkembangan bisnis kuliner mereka.

“Grab akan merekomendasikan rekanan GrabFood yang memiliki transaksi aktif kepada Bank Mandiri. Selanjutnya, Bank Mandiri akan menentukan outlet mana yang dapat memperoleh fasilitas kredit dengan skema KUR,” ujar Ridzki.

Share Button

Related Posts