October 18, 2018

Awas, Penjahat Intip PIN Gunakan Kamera Smartphone

Pengamanan Password (ist)


Pengamanan Password (ist)

Pengamanan Password (ist)

intelijen – Transaksi perbankan menggunakan smartphone, nampaknya semakin tidak aman. Pasalnya, sebuah penelitian di Universitas Cambridge menemukan celah baru pembobolan nomor PIN (Personal Identification Number) menggunakan fitur kamera dan mikrofon di beberapa smartphone premium.

Seperti dilansir Telegrap, Uji coba dilakukan menggunakan satu program yang disebut Skimmer PIN, dengan menggunakan smartphone Google Nexus S dan Samsung Galaxy S3. Hasilnya, kamera dan mikrofon perangkat smartphone mampu mendeteksi susunan PIN yang dimasukkan pada keypad smartphone pengguna target sasaran, dengan tingkat keberhasilan 60% dari 10 kali percobaan.

Nomor PIN Dapat Dicuri Lewat Fitur Kamera Dan Mikrofon Smartphone 2

Secara teoritis menurut Profesor Ros Anderson dan Laurent Simon, pelacakan nomor PIN pada smartphone dapat terungkap oleh perangkat lunak yang mengamati bahasa tubuh dan mimik wajah pengguna target melalui fitur kamera, digabungkan dengan kepiawaian telinga pencuri untuk mendeteksi suara klik atau sinyal-sinyal angka virtual melalui mikrofon saat mengetikkan PIN.

Selain itu, program yang digunakan ini juga kabarnya bisa mengakali perbankan online pada pengguna target, yang dapat diselipkan lewat aplikasi perbankan palsu untuk smartphone melalui jalur unduhan aplikasi jahat tersebut yang bisa jadi memberi informasi tak disadari, langsung ke perangkat atau server penerima data si pencuri.

Share Button

Related Posts