December 12, 2018

AS Ancam Kembali Bombardir Suriah

James Mattis


intelijen – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis mengatakan, AS siap untuk melakukan tindakan militer tambahan terhadap Suriah jika Bashar al-Assad gagal untuk memperhatikan pesan dari serangan rudal jelajah sekutu pekan lalu.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Jepang, Hisunori Onodera di Pentagon, Mattis menyatakan akan menjadi sebuah kesalahan besar jika Assad mengabaikan apa yang dia sebut pesan dunia internasional.

“Dia akan keliru untuk mengabaikan pernyataan masyarakat internasional, dan kami siap untuk menangani apa pun di masa depan,” kata Mattis, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (22/4).

Mattis kemudian menyatakan telah melihat dukungan universal untuk apa yang disebutnya serangan yang disesali, namun perlu pada dugaan serangan senjata kimia.

Sementara itu, Onodera pada gilirannya menyatakan bahwa serangan bersama terhadap Suriah, menunjukkan ketetapan komunitas internasional dalam menangani senjata pemusnah massal.

“Saya pikir ini memberi pesan tertentu, termasuk terhadap Korea Utara (Kortu),” ucapnya, dia kemudian mencatat bahwa Washington dan Tokyo harus bekerja bersama dengan komunitas internasional untuk membuat Korut meninggalkan semua senjata pemusnah massal dan program rudal balistiknya secara utuh, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah lagi.

“Bersama-sama, kami dengan hati-hati meninjau kemungkinan jalan baru menuju perdamaian, dan pada saat yang sama, kami tetap waspada,” katanya, mengacu pada situasi Korut.

Share Button

Related Posts