June 21, 2018

Aman Abdurrahman JAD dan ISIS dalam Sorotan Bom Surabaya

Aman Abudurrahman, pemimpin Jemaah Ansharut Daulah (JAD)


intelijen – Kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD) disebut Kepala Polisi Republik Indonesia (Polri) Jenderal Tito Karnavian terlibat dalam serangan bom tiga gereja di Surabaya. Dalam waktu yang bersamaan, kelompok ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 13 orang termasuk para pelakunya tersebut.

Nama JAD yang dipimpin Aman Aburrahman mencuat karena Dita Futrianto salah satu pelaku diidentifikasi polisi sebagai kepala sel JAD setempat.

Dita Futrianto juga merupakan kepala keluarga para pelaku. Dia dilaporkan “menugaskan” istrinya, Puji Kuswati, dan dua putri mereka di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro, di mana mereka meledakkan diri. Kedua putri Puji yang berusia 9 dan 12 tahun memiliki bom diikat ke tubuh, seperti yang dilakukan ibu mereka.

Menurut polisi, Dita Futrianto (Oeprianto), pergi dengan mobilnya sendiri yang sarat bom ke dekat Gereja Pantekosta Pusat Surabaya.

Ada lagi dua remaja laki-laki berusia 16 dan 18 tahun dari keluarga tersebut mengendarai sepeda motor ke Gereja Katolik Santa Maria, dan meledakkan bahan peledak yang mereka bawa. Serangan pertama terjadi sekitar pukul 07.30 waktu setempat. Dua serangan lainnya berselang lima menit kemudian.

Mencuatnya nama JAD dalam kasus bom di Surabaya secara tidak langsung menyeret nama Aman Abdurrahman sebagai pemimpin kelompok tersebut. Aman merupakan narapidana kasus bom Thamrin yang saat ini mendekam di penjara Nusakambangan.

Di kalangan pengikutnya, Aman yang lahir di Cimalaka Sumedang 5 Januari 1972 itu dikenal sebagai ustaz.

Apa Hubungan JAD dan ISIS?

JAD di bawah komando Aman disebut-sebut telah bersumpah setia kepada kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang dipimpin Abu Bakr al-Baghdadi di Timur Tengah. Laporan ini berasal dari Departemen Luar Negeri AS yang menetapkan JAD sebagai organisasi teroris dan orang-orang yang terkait dengan kelompok tersebut dijatuhi sanksi termasuk pembekuan aset-asetnya di Amerika.

Share Button

Related Posts