November 19, 2018

AS Akan Tempatkan Jet Tempur F-22 Raptor di Eropa

Jet tempur siluman F-22 Raptor


intelijen – Amerika Serikat (AS) akan segera menempatkan sejumlah jet tempur F-22 Raptor di Eropa. Seorang pejabat Pentagon, Senin (24/8/2015), mengatakan, pengerahan jet tempur siluman itu demi meyakinkan para mitra NATO yang cemas dengan tindakan Rusia di Ukraina.

Sekretaris Angkatan Udara AS, Deborah Lee James, tidak memberikan rincian tentang di mana atau kapan jet tempur satu kursi itu akan dikerahkan, karena alasan keamanan operasional. James juga tidak menyebutkan berapa banyak jumlah pesawat yang akan dikerahkan.

Penempatan itu terjadi atas permintaan para komandan di wilayah tersebut, kata James, yang menambahkan bahwa para pilot F-22 akan berlatih dengan para mitra NATO.

Jet tempur F-22 dirancang untuk pertempuran udara ke udara, menyerang pesawat tempur lain, tetapi juga mampu melancarkan serangan darat.

Angkatan Udara AS memiliki sekitar 180 unit F-22, yang mulai beroperasi tahun 2005. Pesawat-pesawat jenis itu telah digunakan dalam serangan koalisi pimpinan AS terhadap kelompok militan Negara Islam di Irak dan Suriah atau ISIS. (Kompas)

Share Button

Related Posts