March 26, 2019

Ahmad Dhani Divonis 1,5 Tahun Penjara, Andi Arief: Dhani Dibenci Kekuasaan dengan Pasal Kebencian

Ahmad Dhani (cnnindonesia)


intelijen – Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara kepada musisi kondang Ahmad Dhani, pada sidang kasus dugaan ujaran kebencian yang digelar di PN Jakarta Selatan (28/01).

Pentolan group musik Dewa 19 itu dinilai terbukti menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian kepada kelompok tertentu berdasarkan atas suku agama ras dan antar golongan (SARA).

Reaksi keras atas putusan hakim PN Jaksel itu disampaikan politisi Partai Demokrat, Andi Arief. Di akun Twitter @AndiArief__, mantan staf khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menulis: “Ahmad Dani dibenci kekuasaan dengan pasal kebencian.”

Sementara praktisi hukum Johan Khan menyatakan vonis untuk suami artis Mulan Jameela itu telah melukai perasaan keadilan. Johan pun menggalang hastag atau tagar #SaveAhmadDhani sebagai bentuk support moril untuk Ahmad Dhani.

“Kita support moril buat @AHMADDHANIPRAST dengan lambungkan tagar #SaveAhmadDhani karena masih ada peluang bebas di tingkat banding. Vonis ini melukai rasa keadilan,” tegas Johan Khan di akun
@CepJohan.

Mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Suryo Prabowo turut mengomentari vonis untuk Dhani itu. “Lelucon awal tahun. Sayangnya gak lucu babar blass,” tulis Suryo Prabowo di akun @marierteman meretweet tulisan bertajuk “Ahmad Dhani Divonis 1,5 Tahun Penjara untuk Kasus Ujaran Kebencian”.

Dalam sidang hakim menyatakan Dhani terbukti menimbulkan kebencian terhadap suatu golongan dengan menyuruh melakukan, menyebarkan informasi atas golongan berdasarkan suku, agama dan ras terkait cuitannya di akun twitter @AHMADDHANIPRAST.

Dhani terbukti melanggar Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

Hakim dalam putusannya juga memerintahan penahanan terhadap Dhani. “Menjatuhkan pidana penjara selama satu tahun enam bulan memerintahkan agar terdakwa ditahan,” demikian putusan hakim PN Jaksel.

Share Button

Related Posts