October 18, 2018

Ada Malware Baru di Perangkat Microsoft dan Google, Apa Berbahaya?

Microsoft (ist)


intelijen – Awal tahun ini, Microsoft sempat dikritik publik karena ditemukan celah keamanan berupa malware bernama Meltdown dan Spectre di chip mereka, yang bisa membahayakan data-data penting milik pengguna.

Dilansir Reuters, Selasa (22/5/2018), kali ini Microsoft dan juga Google kembali menemukan malware di chip mereka, serupa dengan Meltdown dan Spectre. Malware ini bernama Speculative Store Bypass atau “Variant 4”.

Temuan akan celah keamanan ini berasal dari peneliti keamanan Microsoft Corp dan Alphabet Inc. Walaupun malware ini memberi dampak pada sejumlah chip dari Intel Corp, Advanced Micro Devices Inc, dan Softbank Group, para peneliti menyebut ancaman risikonya terbilang rendah.

Beruntung, dampak terburuk dari Variant 4 berhasil dikurangi berkat solusi patches yang dulu dipakai melawan Spectre.

Meltdown dan Spectre yang muncul pada Januari lalu dapat membaca kata sandi dan data sensitif lainnnya yang terdapat di chip yang terdampak.

Reuters menyebut malware ini diakibatkan oleh speculative execution (tindakan spekulatif) yang terdapat di komputer.

Speculative execution adalah cara komputer menebak tindakan apa yang akan dilakukan pengguna.

Pada Januari lalu, peneliti juga sudah memperkirakan ada jenis-jenis Spectre terbaru yang akan bermunculan. Akibatnya, Microsoft melakukan penyediaan patches untuk menanggulangi hal ini.

Share Button

Related Posts