November 18, 2017

Ini Tujuh Kutipan Terpilih, dari Presiden soal Isu PKI Sampai Pidato Gubernur Anies soal "Pribumi"

Joko Widodo (ist)


intelijen – Pernyataan blak-blakan Presiden Joko Widodo soal isu Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dituduhkan kepadanya, dan berbagai tanggapan seputar isi pidato perdana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai “pribumi” mengisi tujuh kutipan terpilih yang disiarkan Antara News pada Selasa (17/10).

Berikut jawaban Presiden Joko Widodo mengenai isu Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dituduhkan kepadanya:

“Saya ingin blak-blakan ini, masalah yang berkaitan dengan PKI. Bersliweran cerita-cerita seperti itu,” kata Presiden saat silaturahmi dengan Keluarga Besar Jamiyyah Persis di Bandung.

“Di tahun 1955 ada waktu DN Aidit pidato di dekatnya ada foto saya di situ. Kok ya persis, ya memang gambar saya. Lah tahun 1955 kan saya belum lahir, waktu PKI dibubarkan tahun 1965 kan saya masih balita,” katanya.

“Tentu saja harus saya jawab, ini harus dijawab karena kalau dipercaya benar kan bahaya sekali,” katanya.

Isi pidato perdana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai “pribumi” mendapat tanggapan dari berbagai kalangan.

Berikut petikan pidato Anies yang menjadi kontroversi tersebut:

“Jakarta ini satu dari sedikit kota di Indonesia yang merasakan kolonialisme dari dekat, penjajahan di depan mata, selama ratusan tahun. Di tempat lain mungkin penjajahan terasa jauh tapi di Jakarta bagi orang Jakarta yang namanya kolonialisme itu di depan mata. Dirasakan sehari hari. Karena itu bila kita merdeka maka janji janji itu harus terlunaskan bagi warga Jakarta.”

Share Button

Related Posts